Mentan: “Peternak kita menangis… “

Sabtu, 02 Maret 2013


Jakarta – Harga daging yang saat ini tinggi menjadi anugerah bagi bagi para peternak. Pemerintah tidak mau harga ditekan terlalu rendah dengan cara mengimpor daging beku.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertanian Suswono ketika ditemui di Galeri Nasional, Jakarta, Rabu (27/2/2013).

“Jangan importasi ini menekan peternak. Selama ini peternak menangis karena harga murah. Setelah dengan ada pembatasan impor dan kemampuan produksi setelah sensus, kita jadi optimis untuk meningkatkan produksi lokal, jadi impornya harus diturunkan,” tegas Suswono.

Dia mengatakan, kebijakan impor daging akan memakai pola lelang yang dikaji sehingga tidak ada manipulasi. Suswono mencium ada indikasi jual-beli kuota daging impor.

“Soal kenaikan harga daging harus kita kaji apakah memang suplai kurang atau ada permainan harga dari pihak tertentu. Sekarang isu soal lelang, dewan daging dan persatuan peternak sapi kerbau menentang, makanya kita duduk bersama kaji secara ilmiah mana yang baik kami terbuka untuk itu,” papar Suswono.

Suswono ingin impor daging tidak berlebihan sehingga harga tidak turun drastis. Jika harga turun, maka peternak menjadi tidak bergairah.

“Tapi sekarang harga lagi bagus jangan dimatikan oleh impor berlebihan. Waktu impor di atas 50 persen maka banyak daging impor masuk ke pasar tradisional,” tegas Suswono.

Kementerian Perdagangan saat ini sedang menyiapkan konsep baru impor daging sehingga lelang impor bisa dipertanggungjawabkan dan tidak ada permainan yang merugikan banyak pihak. [detik]

*http://finance.detik.com/read/2013/02/27/151746/2181206/4/mentan-peternak-menangis-kalau-harga-daging-murah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s